Headlines News :
Home » , » Penyebab kegagalan jombang meraih Adipura Tahun 2011

Penyebab kegagalan jombang meraih Adipura Tahun 2011

Written By Anonim on Rabu, 08 Mei 2013 | 21.26

Setelah lima kali berturut-turut kota santri menyabet Adipura, penghargaan tertinggi di bidang kebersihan, langkah itu kini terhenti. Apa sebabnya? Berikut wawancara Dedi Zulkarnain reporter Suara Jombang AM dengan Ir. Heru Widjayanto Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, via telepon pada Selasa (7/6/11).

Apa yang menyebabkan Jombang gagal meraih Adipura tahun ini?
Heru : Penilaian Adipura tahun 2011 ini bertambah ketat, beberapa aspek yang disorot oleh tim penilai adalah keindahan taman kota. Taman kota yang biasanya dibangun di sisi kanan dan kiri jalan yang ada di Jombang dinilai masih kurang secara kualitas dan kuantitas. Itu salah satu indikator.

Dimana saja itu?
Heru : Kemarin tim penilai menyebut beberapa titik. Seperti, Jl.Gotot Subroto, Jl. Brigjen Kretarto dan Jl. Basuki Rahmat. Beberapa titik tersebut taman kotanya memang sangat minim penataan. Artinya masih kurang indah. Kenapa demikian? Karena tahun ini tim penilai menambahkan 1 aspek lagi yang dimasukkan dalam criteria penilaian yakni harus indah. Tidak hanya bersih dan teduh.

Lalu apa indokator lain yang membuat nilai Jombang jeblok?
Heru : Kurangnya partisipasi perbankan dan industri dalam penataan lingkungan. Saat ini, hanya di Jl. Gatot Subroto yang telah memiliki taman kota yang disumbang oleh perbankan dan industri. Padahal jalan di kota Jombang ini banyak yang memerlukan penataan taman.

Bagaimana dengan RTH (Ruang Terbuka Hijau) di Jombang?
Heru : Saya rasa tidak begitu dipersoalkan. Karena saat ini RTH di Jombang hampir memenuhi target yang harus dicapai yakni sebesar 30% dari luas wilayah. Dan sampai saat ini, masih terus ditingkatkan dengan beberapa program seperti pembangunan berbasis lingkungan.

Apa langkah selanjutnya?
Heru : Kegagalan ini ibarat sebuah kesuksesan yang tertunda. Bisa dijadikan pelajaran untuk perbaikan kedepan. Dengan begini, kita bisa tahu titik mana saja yang masih menjadi kelemahan Jombang dalam memenuhi kriteria penataan lingkungan yang bersih, teduh dan juga indah.


sumber: sjam792
Share this article :
 
Support : Modifikasi Theme |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Berita Sekilas Jombang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website