Headlines News :

Written By Anonim on Selasa, 18 Juni 2013 | 09.25


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang akan melaksananakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum, pada minggu kedua bulan Juni tahun 2013 ini. Sebanyak 250 formasi telah diusulkan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, BKD Jombang telah mengalokasikan anggaran seleksi sebesar Rp 700 juta dari APBD 2013.

Drs. Eksan Gunajati, MSi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jombang, mengungkapkan, dari 250 formasi yang diusulkan tersebut, jumlah terbanyak tetap dari unsur pendidik/guru. Sedangkan formasi terbanyak kedua adalah tenaga kesehatan dan disusul tenaga teknis, serta tenaga administrasi. “Sebenarnya kebutuhan PNS kita sangat banyak. Hanya saja untuk sementara kita usul 250, itu pun belum tentu dikabulkan,” ujarnya, Jumat (15/3/2013).

Dijelaskan pula oleh Eksan bahwa berapa formasi yang disetujui, hal itu menjadi kewenangan BKN. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, BKD Jombang juga selalu mengusulkan CPNS jalur umum. Hanya saja dua tahun terakhir usul itu tak pernah dikabulkan karena alasan moratorium atau penghentian sementara rekrutmen CPNS.

Untuk tenaga guru saja, jika mengacu kepada usulan Dinas Pendidikan, sekarang ini kebutuhan guru baru sebanyak 900 orang, belum kebutuhan tenaga kesehatan dan yang lainnya. “Sampai lima tahun kedepan, kita butuh sekitar lima ribu PNS baru,’’ kata Eksan.

Hal itu seiring banyaknya PNS yang pensiun sepanjang lima tahun kedepan. Sehingga idealnya, Jombang merekrut seribu PNS baru tiap tahunnya. Tapi lagi-lagi kebutuhan tersebut belum tentu bisa terpenuhi sebagaimana mestinya.

Sebab aturan pusat terkait rekrutmen PNS tersebut sekarang ini sangat ketat. Malah yang terbaru, pusat berencana hanya akan menyetujui penerimaan PNS bagi daerah yang alokasi belanja rutinnya dalam APBD dibawah 50 persen. Saat ini, alokasi belanja rutin dalam APBD Jombang sendiri ada di kisaran 60 persen.


Sumber : tabloidsergap
Share this article :
 
Support : Modifikasi Theme |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Berita Sekilas Jombang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website